welcome

Selamat datang, sugeng rawuh di blog saya. Semoga apa yang ada didalamnya bisa membantu dan bermanfaat untuk anda

Saturday, April 20, 2013

Hot news petani padi kurang diperhatikan

Panen merupakan hal yang sangat penting untuk petani. Karena panen menentukan keberhasilan dari petani dalam menggarap sawah/ladang.
Tidak hanya itu panen juga menentukan keberlangsungan hidup dari seorang petani.
Di negara kita Indonesia yang merupakan negara agraris, dengan wilayah yang luas dan wilayah yang sangat mendukung untuk pertanian terutama untuk tanaman padi. Tetapi apabila melihat dari  fakta/kenyataan yang ada keberadaan beras sebagai makann pokok masyarakat Indonesia masih dikatakan minim. Seharusnya jika beras adalah makanan pokok wajarnya banyak petani ih lanyang menanam padi. Tetapi untuk sekarang ini tahun 2013 masih minim sekali petani yang menanam tanaman padi.

Menurut hasil praktik lapangan saya dan hasil wawancara dengan banyak petani, petani mengatakan "Ah..dari pada menanam padi lebih baik menanam tanaman lain"
Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata menyedihkan sekali hidup dari seorang petani yang kerjanya disawah, kerja keras mengolah, merawat tanaman padi. Tidak hanya itu penghasilan yang diterima dari menanam padi pun belum bisa dikatakan mencukupi untuk hidup sehari-hari. Petani sering kali mengeluh kenapa harga dari padi yang dipanen selalu rendah, padahal padi merupakan penghasil beras yang merupakan makanan pokok kita sehari-hari...


beralih dari topik diatas...yuk kita lihat sama-sama cara panen padi manual dengan menggunakan sabit..jika berminat silahkan lihat postingan saya di youtube

klik disini

No comments:

Post a Comment